SILABUS SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi
Inti :
1.
Mengamati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,peduli (gotong
royong,kerjasama,toleran,dan damai), santun, responsif, dan proaktif, dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dan pergaulan dunia.
3.
Memahami,menerapkan,dan
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi dan senibudaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan procedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah absrtrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah serta mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Matriks dalam
sistem
persamaan
linier
Transformasi
Geometri
|
Mengamati
Membaca
persamaan-persamaan
linier dari berbagai sumber.
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang cara penyelesaian sistem persamaan linier selain
menggunakan metode grafik, substitusi dan eliminasi.
Mengeksplorasikan
Mengenali
bentuk matriks dalam sistem persamaan linier serta menentukan unsur-unsur
matriks yang ada dalam suatu sistem persamaan linier.
Mengasosiasikan
Menganalisis
matriks dalam sistem persamaan linier dan menggunakannya menentukan
penyelesaiaan sistem persamaan linier
Mengomunikasikan
Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan penyelesaiannya dan
menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau lisan
Mengamati
Membaca
jenis-jenis
transformasi geometri dari
berbagai sumber
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang perbedaan jenis-jenis tranformasi geometri
koordinat.
Mengeksplorasikan
Mengenali
jenis-jenis
transformasi geometri koordinat: translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi
Mengasosiasikan
·
Menganalisis
dan merumuskan persamaan matriks dari jenis-jenis transformasi geometri
koordinat, menentukan hasil transformasi dengan menggunakan persamaan matriks
transformasi.
·
Menggambar
hasil transformasi geometri koordinat
Mengomunikasikan
Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan transformasi
geometri koordinat, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan
penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau gambar.
|
Tugas
· membaca mengenai pengertian matriks
dalam sistem persamaan linier dan transformasi geometri
·
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan penyelesaian sistem
persamaan linier dengan metode matriks, jenis-jenis transformasi geometri,
komposisi beberapa transformasi.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.1
Mendeskripsikan dan menganalisis konsep matriks
dalam sistem persamaan linear
dan transformasi dalam
geometri koordinat serta menerapkannya
dalam memecahkan masalah nyata yang
berkaitan.
|
|||||
4.1
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang
efektif
dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat
matriks
dalam memecahkan masalah
nyata
terkait sistem persamaan linier
dan transformasi
geometri,
serta menginterpretasikan
menganalisis makna hasil
pemecahan masalah.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Vektor
|
Mengamati
Membaca,
mengamati skalar dan vector dari berbagai sumber.
Menanya
Dibawah
bimbingan guru, menanyakan perbedaan besaran skalar dan vektor.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsur-unsur
besaran skalar dan vektor, vektor satuan, sifat sifat operasi aljabar vektor,
sudut antara dua vektor, panjang proyeksi dan proyeksi vektor suatu vektor
pada vektor lainnya, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan
dengan skalar dan vektor.
Mengasosiasikan
Menggambar
operasi penjumlahan atau pengurangan beberapa vektor dan operasi perkalian
skalar vektor.
|
Tugas
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan skalar
dan vektor
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.2 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep skalar
dan vektor dan menggunakannya untuk membuktikan berbagai
sifat terkait jarak dan sudut
serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
|||||
4.2 Memecahkan masalah dengan
menggunakan kaidah-kaidah vektor.
|
|||||
2.1
Memiliki
sikap jujur dan konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah
nyata sehari-hari
2.2
Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Bunga majemuk,
Angsuran,
Anuitas
.
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai sumber untuk mencari informasi tentang bunga majemuk, angsuran
dan anuitas.
Menanya
Berdiskusi
membuat pertanyaan tentang masalh keuangan seperti bunga majemuk, angsuran
dan anuitas.
Mengeksplorasikan
Mengidentifikasi
unsur-unsur
dalam masalah keuangan.
Mengasosiasikan
Menganalisis
prinsp matematika keuangan dan menentukan hubungan bunga, angsuran dan anuitas.
Mengomunikasikan
Menyajikan
data keuangan dan menjelaskan konsep bunga, angsuran dan anuitas.
|
Tugas
Mencari permasalahan keuangan sehari-hari yang
berhubungan dengan bunga dan angsuran (misalnya kredit kendaran atau barang)
Observasi
Mengidentifikasi bunga, angsuran atau
anuitas dari suatu masalah keuangan
Portofolio
Rangkuman permasalahan keuangan sehari-hari dan
identifikasi unsur bunga, angsuran
dan anuitas
Tes
Tes tertulis
berbentuk uraian
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.3
Menganalisis konsep dan prinsip matematika keuangan
terkait bunga majemuk,
angsuran, dan anuitas
serta menerapkannya dalam memecahkan masalah
keuangan.
|
|||||
4.3
Menyajikan
data keuangan dan
menganalisis konsep dan prinsip matematika terkait angsuran dan
anuitas dan melakukan prediksi
pemecahan
masalah perbankan.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Komposisi
transformasi
geometri
|
Mengamati
Mengamati komposisi transformasi geometri koordinat
dari berbagai sumber
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang komposisi tranformasi geometri koordinat.
Mengeksplorasikan
Menganalisis
dan merumuskan aturan komposisi beberapa transformasi geometri koordinat, menentukan hasil komposis
beberapa transformasi.
Mengasosiasikan
Menggambar
hasil komposisi beberapa transformasi geometri koordinat.
Mengomunikasikan
Membuat
model, merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan
dengan komposisi transformasi geometri
koordinat, menentukan penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk
tulisan, gambar atau lisan.
|
Tugas
· membaca mengenai pengertian komposisi
transformasi geometri koordinat dari berbagai sumber.
· Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan komposisi transformasi.geometri
koordinat.
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.4
Menerapkan
konsep dan aturan komposisi transformasi geometri
koordinat dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual.
|
|||||
4.4 Memecahkan masalah dengan
menggunakan konsep dan
aturan komposisi beberapa transformasi
geometri
koordinat.
|
|||||
2.1
Memiliki
sikap jujur dan konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.2
Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Dimensi Tiga
|
Mengamati
·
Membaca
dan meningat kembali konsep jarak dan sudut pada ruang dimensi tiga.
·
Mencari
informasi teknik membuat irisan dua bidang
Menanya
Melalui
diskusi kelompok membuat pertanyaan tentang jarak dan sudut antara
garis/bidang, bidang/bidang.
Mengeksplorasikan
·
Menentukan
jarak dan sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
·
Menentukan
cara paling mudah membuat irisan dua bidang
Mengasosiasikan
Menyimpulkan
konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan
cara menghitung konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang,
bidang/bidang
·
Menjelaskan
secara sederhana proses membuat irisan dua bidang.
|
Tugas
Menggambar beberapa bangun ruang
Observasi
·
Menyelidiki
atau menentukan beberapa jarak atau sudut yang dibentuk atas unsur dalam
bangun ruang
·
Membuat
irisan antara dua bidang pda gambar ruang dimensi tiga.
Portofolio
·
Merangkum
gambar bangun ruang yang sudah ditentukan beberapa jarak dan sudut yang dapat
ditemukan pada gambar.
·
Membuat
irisan dua bidang
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.5
Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar garis/bidang,
bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun
ruang dimensi tiga
melalui demonstrasi menggunakan
alat peraga atau media lainnya,
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||
4.5
Menyajikan
konsep jarak,
sudut antar garis/bidang, bidang/bidang,
dan irisan dua bidang dalam pemecahan masalah bangun ruang
dimensi tiga
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri dari berbagai sumber
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisihkosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri, dan penerapannya pada
masalah nyata
Mengeksplorasikan
Menemukan rumus rumus penjumlahan
sinus, selisih sinus, penjumlahan kosinus, identitas selisih kosinus dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
Menggunakan
identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri serta menyajikannya dengan tulisan.
Mengomunikasikan
Menjelaskan
tentang pengubahan dan pembuktian sinus dan kosinus.
|
Tugas
Mengerjakan
latihan soal-soal yang terkait dengan identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus
Portofolio
Menyusun dan membuat
rangkuman dari tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes
tertulis bentuk uraian
|
5 x 4 jam pelajaran
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.6
Mendeskripsikan identitas
penjumlahan sinus, identitas
selisih sinus, identitas
penjumlahan kosinus, identitas
selisih dan menerapkannya
dalam pemecahan
masalah.
|
|||||
4.6
Menyajikan
dan menganalisis identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih untuk
pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri.
|
|||||
2.1
Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari
2.2
Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral Tentu
|
Mengamati
Membaca
untuk memahami dan mengingat kembali konsep integral tentu.
Menanya
·
Mendiskusikan
konsep luas dan volume benda putar.
·
Membuat
pertanyaan tentang luas dan volume benda putar
·
Membuat
pertanyaan tentang panjang kurva
Mengeksplorasikan
·
Menenrtukan
daerah di bawah kurva atau hasil benda putar
·
Menentukan
interval dari derah di bawah kurva dan derah hasil benda putar
·
Menentukan
intergral tertentu dalam menghitung panjang kurva
Mengasosiasikan
Menganalisis
konsep dan aturan integral tentu untuk suatu interval
Mengomunikasikan
Menjelaskan
langkah menghitung luas derah di bawah kurva dan volume benda putar serta
panjang kurva menggunakan aturan integral tentu.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
·
Menentukan
derah yang dibatasi oleh kurva
·
Menentukan
benda putar yang terbentuk
·
Menentukan
panjang kurva
Portofolio
Merangkum gambar beberapa grafik, menentukan
derah di bawah kurva, atau benda putar yang terbentuk kemudian dengan
menggunakan konsep integral tentu menghitung luas di bawah kurva dan volume
bend putar.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x 4 jam belajar
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.7 Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar.
3.8 Menganalisis grafik
fungsi aljabar dan
trigonometri dan menerapkan
konsep dan aturan
integral
tentu
untuk menentukan panjang kurva pada interval
tertentu.
|
|||||
4.7 Memecahkan
masalah nyata dengan menerapkanberbagai konsep dan aturan integral tentu
terkait luas daerah, volume benda putar dan panjang kurva dengan mengolah
data, memilih variabel,menginterpretasi masalah dalam gambar dan membuat
model masalah serta menyelesaikannya
|
|||||
2.3
Memiliki sikap jujur dan
konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.4
Mengembangkan
rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral
Parsial
|
Mengamati
·
Membaca
untuk memahami dan mengingat kembali konsep integral
·
Menggambar
grafik fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
Menanya
·
Mendiskusikan
integral fungsi aljabar dan trigonometri
·
Membuat
pertanyaan integral parsial.
Mengeksplorasikan
·
Menentukan
integral fungsi aljabar
·
Menentukan
integral fungsi trigonometri
Mengasosiasikan
Menganalisis
konsep dan aturan integral parsial.
Mengomunikasikan
Menjelaskan
langkah menentukan integral parsial terhadap berbagai bentuk fungsi aljabar
dan trigonometri.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
·
Menentukan
integral fungsi aljabar
·
Menentukan
integral fungsi trigonometri
Portofolio,
Merangkum
gambar beberapa grafik, menentukan integral fungsi aljabar dan trigonometri
Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
|
5 x 4 jam belajar
|
· Buku Matematika kelas XII
· Buku referensi dan artikel yang sesuai
· Internet
|
3.9 Mendeskripsikan dan
menganalisis konsep
dan aturan untuk melakukan integral parsial terhadap
berbagai bentuk
fungsi
aljabar dan Trigonometri
|
|||||
4.8 Memecahkan masalah nyata dengan menerapkan
konsep dan aturan untuk melakukan intergral partial terhadap berbagai bentuk
fungsi aljabar dan trigonometri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar