_Welcome to My Blog and Thank you for coming (Selamat Datang di Blog Saya dan Terima Kasih Telah berkunjung)_

Kamis, 25 Juli 2019

Sejarah Matematika


Sejarah  Matematika

Kata “matematika” berasal dari kata μάθημα (máthema) dalam bahasa Yunani yang diartikan sebagai “sains, ilmu pengetahuan, atau belajar” juga μαθηματικός (mathematikós) diartikan sebagai “suka belajar”.

Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah (matematika Babilonia sekitar 1900 SM), Lembaran Matematika Rhind (Matematika Mesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890 SM). 

Semua tulisan itu membahas teorema yang umum dikenal sebagai teorema Pythagoras, yang tampaknya menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luas setelah aritmetika dasar dan geometri.

Matematika adalah ilmu yang pasti. Matematika menjadi salah satu pelajaran yang telah diajarkan dari tingkat Dasar. Bahkan, kini Matematika sudah mulai diperkenalkan dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini.

Menurut Susilo   “Ilmu Matematika bukanlah hanya sekedar kumpulan angka serta berbagai rumus yang tidak ada hubungannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun sebaliknya, ilmu Matematika tumbuh dan berakar dari kehidupan sehari-hari”. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lisma'Kapitan