_Welcome to My Blog and Thank you for coming (Selamat Datang di Blog Saya dan Terima Kasih Telah berkunjung)_

Selasa, 06 Agustus 2019

RPP SMA Kelas XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :    SMA N Mojogedang
Kelas/Semester              :    X/2
Mata Pelajaran                 :    Matematika-Peminatan
Materi                                    :    Vektor (Menggunakan rumus perbandingan vektor )
Waktu                                    :    3 x 45 menit (1x pertemuan)


 A.  Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi 

KI SPIRITUAL (KI 1) DAN KI SOSIAL (KI 2)
Kompetensi Sikap Spiritual yang ditumbuhkembangkan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik, yaitu berkaitan dengan kemampuan menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan pada Kompetensi Sikap Sosial berkaitan dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerjasama, responsive (kritis),pro-aktif  (kreatif) dan percaya diri, serta dapat berkomunikasi dengan baik.

KI PENGETAHUAN (KI 3)
KI KETERAMPILAN (KI 4)
KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4:  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR DARI KI 3
KOMPETENSI DASAR DARI KI 4
3.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep skalar dan vektor dan menggunakannya untuk membuktikan berbagai sifat terkait jarak dan sudut serta menggunakannya dalam memecahkan masalah
4.2 Memecahkan masalah dengan menggunakan kaidah-kaidah vektor
3.2.6 Menggunakan rumus perbandingan vektor


4.2.6 Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan penggunaan rumus perbandingan vektor.


B.  Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran Kooperatif  learning dengan memiliki  sikap responsif, kreatif  serta kerjasama dengan baik dan komunikatif  peserta didik dapat mendeskripsikan, menyajikan serta menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  penggunaan   rumus perbandingan vektor .

C. Materi Pembelajaran
Ø  Materi Prasyarat:
ü Vektor Posisi
ü Perbandingan  panjang ruas garis
Ø  Materi Pokok
ü Menggunakan Rumus Perbandingan Vektor

D. Model/Metode Pembelajaran
§  Model Pembelajaran         :    Pembelajaran Kooperatif
§  Metode Pembelajaran      :    Penemuan terbimbing, Pemecahan Masalah, Diskusi, Tanya jawab, dan tugas proyek.
E. Media/Alat    :
    Alat              : lembar kerja  dan rubrik penilaian
    Media            : laptop, whiteboard  dan media presentasi LCD

F.  Sumber Belajar:
a.             Buku teks guru matematika  Kelas X,
Kementrian Pendidikandan  Kebudayaan Republik Indonesia 2014
b.           Buku teks siswa matematika Kelas X, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014
c.             Marthen Kanginan :Matematika Kelas X, PT Erlangga
d.             Multimedia Matematika Kelas X (Peminatan), Ditpsma 2014

G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-4

Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
Keterangan
 
1.        Berdo’a.
2.       Mengecek kehadiran siswa.
3.       Membahas PR/Tugas awal pengantar materi
4.       Menyampaikan materi yang akan disajikan.
5.     Dengan tanya jawab melakukan apersepsi dengan  
          menanyakan  tentang vektor dari 2 titik  ?
6.       Memberikan motivasi, dengan media/video
7.       Menyampaikan manfaat mempelajari materi perbandingan 
         vektor dalam kehidupan sehari-hari atau hubungankannya 
          dengan mata pelajaran lain
8.    Menyampaikan garis besar model/metode pembelajaran yang 
        akan dilakukan.



Rumus Perbandingan vektor

Kegiatan Inti (100 menit)

9.       Guru meminta beberapa peserta didik untuk menuliskan contoh penulisan vektor  posisi dari suatu tititk pada whiteboard.

10.    Guru mengorganisir peserta didik kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang. Heterogen berdasarkan tingkat kognitif, jenis kelamin dan etnis.

11.    Guru memfasilitasi masing-masing  kelompok  secara bergantian untuk menyampaikan hasil diskusinya

12.            Guru memberikan reword berupa pujian atau hadiah untuk setiap kelompok yang tampil sekaligus memberi penguatan-penguatan dan meluruskan hal-hal yang dianggap perlu.

13.             Guru menfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan perbandingan vektor baik P membagi di dalam maupun P membagi di luar ruas garis AB.  
                       
14.            Guru memberikan tes/soal atau masalah kepada peserta didik secara individu dan menentukan nilai individual dan nilai kelompok.(evaluasi)

Untuk perbandingan vektor
disajikan dari  sederhana diperkaya dalam menyelesaikan soal yang variatif dan aplikatif






Kegiatan Penutup (15 menit)

15.             Membimbing peserta didik menyimpulkan materi pelajaran yaitu perbandingan vektor. Guru memberikan penguatan
16.              Guru memberikan PR
17.              Guru mengakiri pembelajaran dengan mengucap salam.



H.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.         Teknik penilaian melalui observasi, tulisan, dan penugasan
2.       Instrumen penilaian (terlampir)
3.       Pembelajaran Remedial akan dilaksanakan apabila nilai peserta didik tidak memenuhi  KKM yang ada dan dapat dilaksanakan pada saat  KBM berlangsung atau  diluar jam pelajaran tergantung jumlah peserta didik .
a.       Peserta didik yang telah mencapai diatas  KKM, diberikan pengayaan
b.       Peserta didik yang mencapai nilai KKM sampai dengan 90, akan diberikan pengayaan sesuai dengan permasalahan untuk mencapai nilai KD (100).
c.     Peserta didik yang telah mencapai nilai 90-100, akan diberikan pengayaan dengan permasalahan  terkait penggunaan konsep perbandingan vektor atau mata pelajaran lain  yang relevan, misalnya mata pelajaran Fisika, atau penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.


I. Instrumen Penilaian Hasil Belajar:

1.         Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Instrumen
3.2.6 Menggunakan rumus  perbandingan vektor
Tes Tertulis
1.  Diketahui titik A ( 5, -2) dan B ( 7 , 8 ) . Jika D terletak pada ruas garis AB dengan perbandingan AD : DB = 1 : 3 tentukan koordinat titik D !

2.  Diketahui titik P ( 6, 3, -2 ) dan Q ( 6, 7 , -5 ) . jika titik R pada perpanjangan PQ dengan PR : RQ = 3 : -2, tentukan koordinat titik R !





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lisma'Kapitan